Berita

BPPD KAB. SIDOARJO
img
  Admin 25 Maret 2022

SISTEM PELAYANAN ONLINE KUNCI BPPD RAIH PENGHARGAAN DI EKSPOSE MONEV SIDOARJO

Ekspose Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi agenda rutinan setiap tahunnya di Pemkab Sidoarjo. Acara ini dilakukan sebagai bentuk penilaian atas kinerja OPD selama setahun. Dalam hal ini pencapaian kinerja OPD menjadi barometer keberhasilan terhadap pembangunan daerah. Ekspose Monev Kinerja OPD Pemkab Sidoarjo tahun 2021 kali ini digelar di Fave Hotel, Sidoarjo Selasa (15/03/2022).

Beberapa penilaian dalam Ekpose Monev meliputi capaian indicator kinerja utama, capaian indikator kinerja daerah dan penilaian kinerja perangkat daerah. Di samping itu sistem penelian juga menekankan pada kinerja OPD terkait Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam Ekspose Monev tahun 2021 Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo mendapat penghargaan peringkat ke 7. Capaian dari hasil indek pelayanan publik, BPPD juga mendapat nilai yang paling tinggi. Selain itu penilaian terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) juga memperoleh hasil yang memuaskan. Penghargaan ini tidak lepas dari hasil kerja keras pimpinan dan seluruh staf. Kunci keberhasilan BPPD dalam meraih penghargaan tahunan tersebut adalah sistem pelayanan pajak yang berbasis online.

Adanya aplikasi seperti Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (E-SPTPD), Aplikasi Pajak Daerah Sidoarjo (APDS), dan E-Mutasi BPHTB semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran dan pendaftaran pajak. Sistem online ini diberikan sebagai bentuk kemudahan pelayanan serta transparansi dalam pelaporan pembayaran pajak. Masyarakat saat ini tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan pendaftran sebagai wajib pajak.  Para wajib pajak juga dapat melihat hasil laporan pembayarannya melalui aplikasi. Oleh karena itu adanya sistem pelayanan secara online menghapus pembayaran secara manual yang riskan terjadi penyelewengan sehingga menetapkan BPPD sebagai wilayah bebas korupsi.

Dari hasil pencapaian ini Sulistiyono Sekretaris BPPD berharap bahwa di Ekspose Monev selanjutnya menargetkan minimal mendapat peringkat 5. Tentu harapan ini bisa direalisasikan dengan cara kerja keras dan mengembangkan inovasi-inovasi terhadap kemudahan pelayanan. Ia juga berharap agar seluruh karyawan BPPD bisa melaksakan Zona Integritas.